Home > Berita > Kampanye Pilkada Diharapkan Berjalan Damai, Bersih, dan Dialogis

Kampanye Pilkada Diharapkan Berjalan Damai, Bersih, dan Dialogis

Jakarta – Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz, ‎menilai, dalam meraih simpati pemilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada), kualitas kampanye ditentukan oleh tindakan pasangan calon. Kompetisi yang dibangun sangat menentukan elektabilitas dan tingkat partisipasi pemilih di setiap daerah.

“Pelaksanaan kampanye perlu dilaksanakan dengan tetap menjaga kedamaian, tidak dilakukan dengan cara-cara kotor, dan semakin banyak melakukan tatap muka dengan pemilih,” kata Masykurudin, Jakarta, Jumat (28/8).

Dalam deklarasi damai yang sudah dicanangkan bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu, penggunan isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) harus dihindari.

“Kesempatan penyebaran materi kampanye melalui media sosial tidak justru menjadi jurus untuk saling menjatuhkan. Kampanye menjadi ajang penghormatan terhadap perbedaan dan penghargaan pilihan,” ujarnya.

‎Menurutnya, kampanye bersih juga ditandai dengan penerapan komitmen pasangan calon untuk tidak menggunakan dana haram dalam pembiayaannya. Setiap pemasukan dan pengeluaran dicatat dengan rinci dan dilaporkan secara benar.

Metode kampanye berkualitas juga harus dilakukan dengan memperbanyak dialog. Tatap muka dan komunikasi langsung dengan pemilih menembus batas perantara antara calon dan pemilih.

“Komunikasi dua arah secara langsung dapat membuat pemilih nyaman dan tuntas dalam membincangkan visi, misi dan program setiap calon,” katanya.‎

Tahapan kampanye pilkada serentak dimulai pada 27 Agustus – 5 Desember 2015. Setiap pasangan calon menyampaikan gagasan visi, misi dan program kepada masyarakat pemilih melalui pertemuan langsung dan media sosial.

 Yeremia Sukoyo/FAB Suara Pembaruan

About admin

Baca Juga

KPU Kota Bengkulu Gelar Buka Puasa Bersama

Jum’at, 24 Mei 2019, KPU Kota Bengkulu gelar Buka Puasa Bersama, acara ini dihadiri oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *