Home > Berita > PLENO PENETAPAN DPT, DITETAPKAN LEWAT KOMUNIKASI TANPA BATAS

PLENO PENETAPAN DPT, DITETAPKAN LEWAT KOMUNIKASI TANPA BATAS

Jumat (2/10) Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Tahun 2015, acara yang di laksanakan di Aula Bapelkes Provinsi Bengkulu ini di buka langsung oleh Ketua KPU Kota Bengkulu,Darlinsyah.

Jumlah wajib mata pilih dalam DPT yang ditetapkan adalah sebanyak 264.605 wajib pilih, yang terdiri dari 132.202 pemilih laki-laki dan 132.403 pemilih perempuan. Jumlah pemilih ini tersebar di 9 Kecamatan, 67 Kelurahan dan TPS sebanyak 515.

Melalui divisi program dan data, zaini menjelaskan penetapan DPT dilakukan melalui tahapan-tahapan dan perjalanan rekap pembersihan yang dilakukan bersama PPK dan PPS se-Kota Bengkulu. Dalam perjalanan tersebut juga ditemukan pemilih baru, yaitu pemilih yang pindah TPS, hal ini disebabkan pertama, ada sebanyak 1.464 pemilih dipindahkan sesuai domisilinya masing-masing, khusus kecamatan Selebar datanya pindah dari Kelurahan Betungan ke Kelurahan Bumi Ayu. Kedua, beberapa data snap shot terjadi penolakan oleh sistem karena data belum akurat. Beliau juga menegaskan bahwa sebelum hari pencoblosan 9 Desember 2015 mendatang, masih tetap dilakukan perbaikan-perbaikan agar data pemilih di Kota Bengkulu berkualitas dan akurat.

Acara yang juga dihadiri oleh seluruh perangkat panwaslu Kota Bengkulu, Wahyu Handoko dan 2 Orang anggotanya Sugiharto dan Fatimah Siregar, mengajak agar proses pengawalan penyempurnaan DPT ini dikawal seksama dan terus menerus agar data pemilih kita menjadi qualified, akuntabel dan lebih baik. Dalam kesempatan ini juga, Sugiharto menyampaikan keluhan sekaligus kritik anggota PPDP kepada Pihak Dukcapil, mengapa data lama yang sudah diverifikasi muncul kembali, sehingga membuat anggota PPDP sempat kewalahan. Melalui penjelasannya pihak dukcapil memang tidak berhak menghapus data yang lama selagi masyarakat tidak melaporkan ke dukcapil, orang meninggal yang tidak dilaporkan masih tetap akan hidup di sistem, sehingga beliau menghimbau agar masyarakat pro aktif segera melaporkan data-data temuan terbaru ke dukcapil.

Dalam kesempatan terakhir, Ketua KPU menyampaikan kepada semua pihak yang hadir bahwa komunikasi kami dan Panwas tidak hanya kami lakukan lewat acara formal, tetapi komunikasi kami tanpa batas, kapan dan dimana saja kami tetap bersinergi. (*Zj)

Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Model A3.3 KWK dapat diunduh di sini A.3.3 KWK-KPU

About Zohry Junedi

Baca Juga

Sosialisasi Pendidikan Pemilih Ke Masyarkat Basis Pemilih Pemula dan Pemilih Muda

KPU Kota Bengkulu kembali Melakukan Fasilitasi Relawan Demokrasi “Sosialisai Pendidikan Pemilih Pemula dan Pemilih Muda”, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *