Home > Berita > Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Nyaris Tanpa Kendala!

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Nyaris Tanpa Kendala!

Rabu (2/9), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu merekapitulasi hasil pemutakhiran data pemilih di 9 Kecamatan Kota Bengkulu melalui Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Pemilih Hasil Pemutakhiran Dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Tahun 2015. Pleno tersebut sesuai amanat Pasal 13 ayat (2) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pemutakhiran Data Dan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota, bahwa Rekapitulasi dan Penetapan DPS dilakukan dalam rapat pleno terbuka dan dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh Ketua dan Anggota KPU/ KIP Kabupaten/ Kota.

Pleno yang dimulai pada Pukul 09.30, bertempat di Aula LPMP Provinsi Bengkulu ini dihadiri oleh Kapolres Bengkulu yang diwakili Kabag Ops Ruri Roberto, Ketua dan Anggota Panwaslu Kota Bengkulu Wahyu Handoko dan Patimah Siregar, Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu yang diwakili oleh Kabid Duk Hendarmin, Kesbangpol yang diwakili oleh Noviar serta Tim Pemenangan Pasangan Calon dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kota Bengkulu.

Setelah acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah, Pleno Terbuka langsung dipandu oleh Divisi Program dan Data, Zaini. Beliau mempersilahkan ketua PPK tiap Kecamatan untuk menyampaikan rekapitulasi DPS tingkat Kecamatan. Jumlah DPS di Kota Bengkulu mencapai 266.647 terdiri dari pemilih pria sebanyak 133.339 dan pemilih perempuan 133.308. Dalam pleno ini juga ditetapkan penambahan jumlah TPS dari 508 menjadi 515 TPS, hal ini disebabkan karena terdapat jumlah pemilih yang melebihi 800 orang/TPS.

Dalam kesempatan ini Ketua Panwas Kota Bengkulu wahyu Handoko menghimbau agar bukan hanya penyelenggara panwas dan instansi pemerintah yang pro aktif dalam penyusunan data pemilih tetapi juga dari Tim Pemenangan harus ikut membantu mencermati penyusunan data pemilih ini agar menjadi berkualitas, mulai dari penetapan Daftar Pemilih Sementara, Daftar Pemilih Hasil Perbaikan, Daftar Pemilih Tambahan-1, Daftar Pemilih Tambahan-2 hingga menjadi Daftar Pemilih Tetap.

Hal senada juga diungkapkan oleh Divisi Program dan Data, Zaini disela-sela pleno, karena penyusunan daftar pemilih merupakan tahapan yang sangat rentan terutama dalam materi sengketa dan gugatan nantinya. Dan menurutnya, setelah DPS ditetapkan, masih dibuka peluang untuk perbaikan-perbaikan terutama bila ada tanggapan dari masyarakat. Sesuai Peraturan KPU, pengumuman dan tanggapan masyarakat itu akan berlangsung pada 10 hingga 19 September 2015. Sementara perbaikan DPS akan dilakukan pada 20 hingga 25 September 2015. (Zj)

About Zohry Junedi

Baca Juga

Sosialisasi Pendidikan Pemilih Ke Masyarkat Basis Pemilih Pemula dan Pemilih Muda

KPU Kota Bengkulu kembali Melakukan Fasilitasi Relawan Demokrasi “Sosialisai Pendidikan Pemilih Pemula dan Pemilih Muda”, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *